WEI Hadirkan RURISE di Lembang Maroson Tana Toraja, Kelas Bahasa Inggris Gratis Program Utama

Widya Erti Indonesia

Torajachannel.com, Tana Toraja–Widya Erti Indonesia (WEI) meluncurkan program Rural Resilience Initiative (RURISE) di Lembang Maroson, Kecamatan Rembon, Kabupaten Tana Toraja.

Rural Resilience Initiative (RURISE) sendiri merupakan proyek inovatif yang dirancang untuk menjawab tantangan-tantangan pembangunan desa.

Ketua Yayasan WEI, Rieni Handayani dalam acara pembukaan program RURISE, Kamis (27/6/2024) mengatakan WEI memiliki keyakinan bahwa semangat pembangunan masyarakat lokal dapat memberikan dampak positif bagi penduduk di Lembang Maroson.

Bacaan Lainnya

Olehnya itu, Program RURISE Melalui pendidikan, pengembangan produk lokal dan kesadaran lingkungan, masyarakat akan menjadi lebih berdaya mandiri, dan mampu menginspirasi inisiatif berkelanjutan di dunia global.

Salah Satu program WEI dalam RURISE ini adalah bekerjasama dengan Natsir Eco School (NES) dalam peningkatan kelas belajar bahasa inggris gratis.

“Selama ini, Natsir Eco School (NES) telah menjalankan kelas belajar bahasa Inggris yang melibatkan volunteer dari luar negeri di satu dusun (Randanan). dan melalui RURISE, program ini membuka kelas di 4 dusun lain (Palakka, Lameme’, Rarung, Pasang Lambe’) agar dapat menjangkau lebih banyak anak-anak di Lembang Maroson, Kabupaten Tana Toraja.

Tenaga pengajar di 4 kelas NES ini akan menggunakan pendekatan Volunteach, sebuah pendekatan yang menggabungkan volunterisme, edukasi, dan pariwisata, atau yang lebih dikenal sebagai voluntourism. Kata Handayani.

Lebih lanjut menurut Handayani, Para relawan pengajar atau Volunteacher berasal dari dari dalam negeri dan mancanegara, yang semuanya akan berkontribusi untuk mengajar bahasa Inggris dan menginap homestay-homestay yang akan dikembangkan di desa.

Sementara kepala Lembang Maroson, Petrus Ta’dung yang hadir dalam acara pembukaan ini menyampaikan terima kasih Kepada Widya Erti Indonesia yang telah meluncurkan program RURISE di wilayahnya.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang atas dedikasi kerja keras dan komitmen yang telah di lakukan oleh WEI dalam melaksanakan inisiatif ketahanan pedesaan di lembang kami Langkah-langkah positif yang telah mereka lakukan tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat lokal tetapi juga menginspirasi kita semua untuk terus berupaya dalam memajukan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat yang ada di lembang Maroson, “Ujar kepala lembang

Ia juga berharap dengan adanya program WEI tersebut, masyarakat setempat bisa untuk menciptakan perubahan yang lebih baik.

Penulis : Sandi Nayoan

Pos terkait